MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 (BAGIAN 4 / TERAKHIR)

 

Modul Ajar PAI SD Kelas 1 Bab 2

Pengertian Modul Ajar

Modul ajar ialah tiada lain dari RPP yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika RPP adalah istilah yang digunakan dalam kurikulum 2013, maka Modul Ajar ialah istilah yang digunakan dalam kurikulum merdeka belajar. 

Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guna membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai CP (capaian pembejaran) dan profil pelajar pancasila (www.kemdikbud.go.id)

Modul ajar adalah rancangan / design pembelajaran yang akan berlangsung di kelas. Modul ajar disusun oleh guru dengan tujuan untuk merencanakan seperti apakah pembelajaran yang akan berlangsung. 

Oleh karena itu, modul ajar termasuk pada kategori administrasi penting dalam pekerjaan sebagai guru. Bahwa sebagai tugas pokok guru sebagai pengajar dan pendidik, modul ajar merupakan syarat penting dalam tugas tersebut. 

Tanpa modul ajar, maka pembelajaran di kelas seakan tanpa arah, tanpa rencana, tanpa design. Dan hal itu merupakan malpraktik dalam tugas guru sebagai pengajar. 

Tujuan Modul Ajar

Modul ajar bertujuan menyediakan perangkat ajar yang bisa memandu para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. 

Dalam penggunaan modul ajar, guru memiliki kebebasan untuk: (1) memilih atau memodifikasi modul ajar, (2) Menyusun sendiri modul ajar

Kriteria Modul Ajar

Adapun kriteria yang harus dimiliki oleh modul ajar ialah: 

  1. Esensial: Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin
  2. Menarik, Bermakna, dan Menantang: Menumbuhkan minat belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar; berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tak terlalu rumit, tapi juga tak terlalu ringan / mudah untuk tahap usianya.
  3. Relevan dan kontekstual: berkaitan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dipunyai sebelumnya, serta sesuai dengan konteks waktu dan lingkungan peserta didik.
  4. Kontinyu / Berkesinambungan: keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Komponen Modul Ajar

Berikut adalah 7 komponen modul ajar Kurikulum merdeka :

  1. Identitas Modul
  2. Kompetensi Awal
  3. Profil Pelajar Pancasila
  4. Sarana dan Prasarana
  5. Target Peserta Didik
  6. Model Pembelajaran terdiri dari : (1) Tujuan Pembelajaran, (2) Pemahaman bermakna, (3) Pertanyaan Pemantik, (4) Kegiatan Pembelajaran, (5) Asesmen, (6) Pengayaan dan Remedial
  7. Refleksi Peserta Didik dan Guru, terdiri dari : (1) Lembar kerja peserta didik, (2) bahan bacaan guru dan peserta didik, (3) glosarium, (4) daftar pustaka.

Baca Juga : 

 Contoh Modul Ajar PAI SD Kelas 1 Bab 2 Semester 1


INFORMASI UMUM

A.  IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun           : ASEP SAEPULAH, S.Pd.I

Nama Sekolah               : SDN PESANTREN

Jenjang Sekolah           : SD

Tahun Penyusunan      : 2022

Modul Ajar                   : PAIdBP

Fase/Kelas                     : A / 1/ Ganjil

BAB / Tema                  : 2 / Mengenal Rukun Iman

Materi pokok                : Aku Cinta allah dan Rasul-Nya

  Alokasi Waktu               : 2 x Pertemuan (4 X 35 Menit)

B.  KOMPETENSI AWAL

·      Peserta didik diharapkan mampu menghafalkan surah Al- Fatihah dengan lancar

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

·      Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,

·      Berakhlak Mulia,

·      Mandiri,

·      Bernalar Kritis,

·      Kreatif,

·      Bergotong-Royong,

·      Berkebinekaan Global


D.  SARANA DAN PRASARANA

1)  Papan tulis, spidol, serta alat tulis lainnya

2)  Proyektor LCD, pelantang (speaker) aktif, laptop, serta media pembelajaran interaktif berupa gambar/poster

E.  TARGET PESERTA DIDIK

·      Peserta didik reguler/tipikal

F.  MODEL PEMBELAJARAN

·      Model pembelajaran tatap muka.

·      Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan diskusi dan praktik.

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran :

·      Peserta didik diharapkan mampu membiasakan sikap peduli dan kerja sama sebagai bukti cinta terhadap Allah dan Rasul-Nya dan mampu membuat gambar pohon rukun iman dengan benar.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

·      Menghafalkan surah Al-Fatihah dengan lancar

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

·      Bagaimana cara mencintai Allah ?

·      Bagaimana cara mencintai Nabi Muhammad saw ?

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

a)  Peserta didik telah siap menerima pelajaran. Setelah itu, guru mengawali pembelajaran dengan berdoa

b)  Guru membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi atau bertepuk tangan bersama.

c)  Peserta didik untuk mengamati Gambar 2.8 pada buku teks di bagian awal Bab 2.

d)  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan meminta mereka menceritakan gambar yang terdapat pada buku siswa, lalu memberikan penguatan kepada mereka bahwa Gambar 2.8 Ahmad dan temannya merawat pemberian Allah Swt.

e)  Guru memberikan penjelasan kepada peserta didik terkait dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai pada Bab 2.

f)  Peserta didik mengamati peta konsep dan guru memberikan penjelasan bahwa dalam peta konsep tersebut menggambarkan alur materi yang akan dipelajari dalam Bab 2.

Kegiatan Inti

a)  Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen dengan jumlah anggota per kelompok sebanyak empat anak.

b)  Peserta didik diarahkan untuk mengamati Gambar 2.9 yang ada di buku siswa.

c)  Guru menjelaskan alasan Allah menciptakan tumbuh-tumbuhan dan apa yang terjadi jika ciptaan Allah tersebut tidak dirawat.

d)  Guru memberikan pancingan pertanyaan tentang cara mencintai Allah dan rasul-Nya.

e)  Peserta didik dipandu untuk menemukan cara mencintai Allah dan rasul-Nya.

f)  Peserta didik menyampaikan apa yang akan mereka lakukan sebagai bukti bahwa mereka mencintai Allah dan rasul-Nya.

g)  Pada rubrik Tekadku, peserta didik diajak untuk membaca kalimat “Aku cinta Allah dan rasul-Nya” dan melafalkannya secara berulang-ulang sehingga diharapkan dalam jiwa peserta didik tertanam tekad yang kuat untuk mencintai Allah dan rasul-Nya.

h)  Pada rubrik Kegiatan Kelompokku, peserta didik dalam kelompok membuat pohon rukun iman dengan bimbingan guru seperti yang terdapat pada Gambar 2.10.

i)  Peserta didik mendemonstrasikan pohon rukun iman yang mereka buat.

j)  Pada rubrik Kuuji Kemampuanku, peserta didik menjawab dengan singkat soal pada buku siswa dengan dipandu oleh guru.

Kegiatan Penutup

a)  Menyimpulkan pembelajaran bahwa Dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

b)  Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam


Baca Juga : 

MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 BAGIAN 1

MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 BAGIAN 2

MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 BAGIAN 3

MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 BAGIAN 4 (SELESAI)


E.  REFLEKSI

Pada akhir pelajaran, guru dapat memandu aktivitas refleksi peserta didik agar dapat mengemukaan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

F.  ASESMEN / PENILAIAN

1)  Penilaian sikap spiritual dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagaiberikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Ahmad

 

 

 

2

 

 

 

 

 

2)  Penilaian sikap sosial dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian observasi dengan instrumen penilaian jurnal sebagai berikut.

No.

Tanggal

Nama Peserta

Didik

Catatan

Perilaku

Butir

Sikap

Tindak

Lanjut

1

 

Ahmad

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3)  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan dan tulis. Tes lisan berupa tanya jawab dengan peserta didik, yaitu guru bertanya tentang apa yang akan dilakukan peserta didik dalam kondisi tertentu, kemudian meminta mereka menjawabnya dengan spontan.

4)   Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian praktik dalam pembuatan pohon rukun iman. Instrumen yang digunakan adalah rubrik sebagai berikut.

Nama Peserta didik: ........................................

No.

Indikator

4

3

2

1

0

1

Kerja Sama Kelompok

 

 

 

 

 

2

Keaktifan Unjuk Kerja

 

 

 

 

 

3

Kebenaran Hasil Kerja

 

 

 

 

 

4

Kerapian Hasil Kerja

 

 

 

 

 

• A: Sangat Baik

• B: Baik

• C: Cukup Baik

• D: Kurang Baik

Catatan: Guru dapat memilih tehnik dan strategi pengembangan instrumen penilaian sendiri.

Soal dan Kunci Jawaban

1. Anggota badan yang sempurna adalah pemberian …. (Allah)

2. Mengapa kita harus mencintai Allah Swt.? (Karena Allah telah memberikan nikmat kepada kita.)

3. Bagaimana cara kita mencintai rasul? (Meneladaninya.)

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor adalah 30.

                                        Nilai = Perolehan Nilai x 100

                                                           Jumlah Skor

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Kegiatan Tindak Lanjut

1) Perbaikan

Kesempatan perbaikan nilai diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi KKM dengan cara meminta mereka mengulang materi yang dirasa sulit terlebih dahulu, lalu mencoba memberikan penilaian kembali.

2) Pengayaan

Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang sudah memenuhi KKM. Kegiatan pengayaan dapat berupa pendalaman materi dengan melakukan aktivitas pengayaan dan literasi yang terdapat pada buku siswa.

Rubrik "Ayo, Menyanyi"

Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Aku Cinta Allah” dengan nada lagu “Sayang Semua” atau lagu lain yang relevan sebagai ice breaking. Kegiatan menyanyi ini boleh dilaksanakan pada awal, pertengahan, dan akhir pembelajaran.

Rubrik "Aku Anak Saleh"

Pada rubrik ini diberikan soal untuk menanamkan penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik sejak dini. Pada rubrik ini peserta didik diminta memberikan tanda centang pada kolom Ya atau Tidak.

No.

Uraian

Ya

Tidak

1

Aku adalah orang yang beriman.

 

 

2

Aku percaya kepada Allah Swt.

 

 

3

Merawat tumbuhan adalah bukti bahwa aku cinta

Allah Swt.

 

 

4

Aku gemar melempari burung.

 

 

5

Tangan dan kakiku merupakan ciptaan Allah Swt.

 

 

Catatan: Rubrik ini dapat digunakan sebagai penilaian sikap bagi peserta didik dengan teknik penilaian diri sendiri.

Islam Rahmat Untuk Semua

Pada rubrik ini, guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi tiga gambar yang ditampilkan dan mengaitkan dengan perbuatan yang pernah mereka lakukan, buku pada halaman tersebut tidak mencantumkan keterangan gambar supaya anak mengembangkan pemikiran yang imajinatif.

Rubrik "Rangkuman"

Guru menyampaikan rangkuman materi “Mengenal Rukun Iman” dengan bahasa sendiri, lalu meminta peserta didik untuk berlatih membaca rangkuman pada buku siswa dengan cermat.

Rubrik "Ayo, Kerjakan"

Siswa mengerjakan Rubrik "Ayo, Kerjakan" dalam bentuk soal jawaban singkat. Rubrik ini dapat digunakan sebagai bentuk penilaian pengetahuan bagi peserta didik dalam materi “Mengenal Rukun Iman”. Setelah peserta didik selesai mengerjakannya, guru membahas soal tersebut dengan kunci jawaban sebagai berikut.

1. Berapa jumlah rukun iman? (Enam.)

2. Apa bukti cinta kita kepada Allah Swt.? (Merawat ciptaan Allah.)

3. Sebutkan perilaku Nabi Muhammad saw. yang harus kita contoh. (Bersedekah.)

4. Apa yang harus kita lakukan terhadap ciptaan Allah? (Merawatnya.)

5. Apa yang kalian lakukan jika melihat hewan yang terluka? (Menolongnya.)

Penskoran:

Tiap butir soal bernilai 10 sehingga jumlah skor sebanyak 50.

                                            Nilai= Perolehan Nilai x 100

                                                             Jumlah Skor

Rubrik "Aku Ingin Tahu"

Pada rubrik ini, peserta didik dimotivasi untuk mendalami materi “Mengenal Rukun Iman” dengan cara mencari dan melihat video tentang lagu rukun iman melalui internet dan diajak menirukan nyanyiannya. Dalam mencari video tersebut, peserta didik didampingi oleh orang tua di rumah. Pada pelajaran selanjutnya peserta didik menceritakan video yang dilihatnya kepada bapak atau ibu guru.

Rubrik "Pengayaan"

Rubrik ini hanya diberikan kepada peserta didik yang sudah mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pengayaan ditampilkan kisah penyerangan Kakbah oleh Pasukan Gajah.

Interaksi Guru dengan Orang Tua/Wali Murid

Interaksi antara guru dan orang tua/wali murid terkait dengan perkembangan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dapat dilakukan dengan dengan cara sebagai berikut.

1. Orang tua/wali murid dapat menuliskan komentar pada rubrik Komentar Orang Tua pada buku siswa terkait dengan perkembangan belajar peserta didik, penguasaan terhadap materi pembelajaran, dan keterampilan. Komentar tersebut dapat ditulis pada buku penghubung orang tua/wali murid dengan guru ataupun ditulis pada buku tulis peserta didik masing-masing dengan disertai tanda tangan orang tua/wali murid.

2. Guru dapat memperoleh informasi dari orang tua terkait dengan kebiasaan mengaji dan melaksanakan ibadah salat peserta didik di rumah.

3. Guru dan orang tua/wali murid dapat bertukar informasi terkait dengan kesulitan belajar yang dialami peserta didik.

4. Komunikasi dan interaksi antara guru dan orang tua/wali murid dapat dilakukan melalui kunjungan rumah, komunikasi melalui media telekomunikasi/media sosial, atau melalui buku penghubung/rubrik komentar orang tua pada buku siswa.

Kota Cirebon, Juli 2022

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

Sarimah, S.Pd

NIP.197807122007012018

 

Guru PAI,

 

 

 

Asep Saepulah, S.Pd.I

NIP. 198409072019031004

 

LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!

Kerjakanlah soal di bawah ini.

1. Anggota badan sempurna adalah pemberian ....

2. Mengapa kita harus cinta kepada Allah Swt.?

3. Bagaimana cara kita mencintai rasul?

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK

·       Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·       Buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 Kemendikbud RI Tahun 2021

·      Sumber Belajar Lain yang Relevan (buku elektronik, gim, alat peraga, dan lain-lain)

C.   GLOSARIUM

Glosarium

aktivitas                        : keaktifan; kegiatan

alternatif                       : pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan.

asmāul-ḥusnā               : nama Allah Swt. yang jumlahnya ada 99.

card sort                        : model pembelajaran aktif dengan memilah dan memilih kartu.

drill and practice          : teknik mengajar dengan latihan-latihan agar peserta didik dapat memiliki dan menguasai pengetahuan dan kecakapan tertentu. firman : kata (perintah) Tuhan; sabda.

forum grup discussion : model pembelajaran aktif dengan cara pengumpulan data kualitatif dengan cara melakukan wawancara kelompok.

instrumen                      : alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu. interaksi : hal saling melakukan aksi, berhubungan, memengaruhi; antar hubungan.

kaisa                               : model pembelajaran aktif dalam menghafal Al-Qur’an dengan berorientasi pada hafalan dan pemahaman ayat Al-Qur-an beserta artinya melalui gerakan atau kinestetik yang disesuaikan dengan arti tiap ayat.

kaligrafi                         : seni menulis indah dengan pena.

karakteristik                 : mempunyai sifat khas sesuai dengan perwatakan tertentu.

kitab suci                       : wahyu Tuhan yang dibukukan.

komentar                       : ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dan sebagainya (untuk menerangkan atau menjelaskan).

make a match                : model pembelajaran aktif dengan cara mencari pasangan kartu.

makhluk                         : sesuatu yang dijadikan atau yang diciptakan oleh Tuhan (seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan).

makharijul huruf          : tempat keluarnya huruf.

mind mapping               : metode pembelajaran dengan menggunakan pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan.

mukjizat                        : kejadian (peristiwa) ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia.

pahala                            : ganjaran Tuhan atas perbuatan baik manusia; buah perbuatan baik.

poster                             : plakat yang dipasang di tempat umum.

poster comment            : model pembelajaran aktif dengan mengomentari poster atau gambar.

rakaat                            : bagian dari salat (satu kali berdiri, satu kali rukuk, dan dua kali sujud).

refleksi                           : cerminan; gambaran.

relevan                           : bersangkut paut; berguna secara langsung.

Rezeki                            : segala sesuatu yang dipakai untuk memelihara kehidupan (yang diberikan oleh Tuhan); makanan (sehari-hari); nafkah.

role playing                    : model pembelajaran aktif dengan cara siswa berakting sesuai dengan peran yang ditentukan.

snowball throwing        : model pembelajaran aktif dalam menggali potensi siswa dalam menjawab pertanyaan melalui permainan imajinatif berupa melempar bola salju dari kertas.

Strategi                           : rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.

syukur                            : rasa terima kasih kepada Allah Swt.

talking stick                   : metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan guru setelah mempelajari materi pokoknya. kegiatan ini diulang hingga semua kelompok mendapatkan giliran.

tartil                               : membaca Al-Qur’an dengan pelan.

tauhid                             : keesaan Allah; kuat kepercayaannya bahwa Allah hanya satu.

teladan                           : sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya).

video comment              : model pembelajaran aktif dengan mengomentari video.

D.   DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. 2009. Asma’ul Husna. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Ariani Syurfah. 2014. Hadis dan Kisah: Teladan untuk Anak Shaleh. Jakarta Timur: Cerdas Interaktif.

Asy, Ahnan. 2001. Kisah kehidupan Nabi Muhammad Saw. Rahmatal lil’ Alamin. Surabaya: Terbit Terang.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. KBBI Edisi V versi daring resmi.

B.Uno, Prof. Dr. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Zakiah. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2006. Al qur’an dan Terjemahnya. Jakarta : Depag RI

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2015. Modul Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Panduan Pelaksanaan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Kementerian Agama Republik Indonesia. 2016. Aplikasi Al-Qur’an Digital.

Melvin L. Siberman. 2014. Active Learning; 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Muchith, Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Graup.

Rusdianto. 2014. Kitab Terlengkap Mukjizat Para Nabi. Jogjakarta: Diva Press.

Sumantri, Dr. M. Pd, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Shihab, M. Quraish. 2003.Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati, cet I.

Yamin, Martini. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yamin, Martini. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi.




Post a Comment for "MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 (BAGIAN 4 / TERAKHIR)"